Kamis, 30 Desember 2010

Ada Kejutan Dibalik Hujan

Oleh: Sri Yuniarti 
(NIM.F01109050) 

Jum’at 17 Desember 2010, tepatnya malam sabtu pukul 19.30 saya berangkat untuk mencari tugas Bahasa Indonesia. Ditengah hujan yang lumayan lebat, saya berangkat menuju ke rumah adat melayu bersama empat orang teman. Saya berangkat dari rumah tidak memakai jas hujan dan helm yang saya pakai tu basah kuyup karena waktu hari kamis, helm saya penuh dengan air hujan, jadi dari sebelum berangkat, saya sudah basah duluan.
Dalam perjalanan menuju ke rumah adat melayu, saya mengalami kejadian yang membuat jantung saya berdebar kencang (dag dig dug suaranya menguasai seluruh tubuh) dengan kecepatan 100 km/ menit, karena pada saat saya sedang asyiknya mengendarai motor, tiba-tiba ada getaran dan bunyi yang berasal dari dalam tas. Saya mencoba melihatnya, ada apakah gerangan sehingga ada getaran dan bunyi itu. Ternyata bunyi dan getaran tersebut adalah HP saya yang ada panggilan masuknya, walaupun sedang bermotor, saya langsung mengangkat telpon itu. Setelah beberapa menit saya mengangkat telpon, kemudian HP saya mau meluncur ke bawah dan ketika saya mengangkat tangan untuk memegang HP, kopling motor saya terlepas dan motor saya mati mendadak, hampir saja saya terjatuh. Alhamdulillah saya tidak terjatuh dan tidak terjadi apa-apa, namun yang terjatuh adalah HP saya, dan Alhamdulillah HP saya masih hidup. Saya kira orang yang nelpon tadi sudah matikan telpon, ternyata setelah saya ambil HP, orang yang nelpon tersebut masih berbicara dan kami melanjutkan perbincangan tersebut sambil menenangkan diri.

Setelah keadaan saya tenang, saya langsung melanjutkan perjalanan. Saya janjian dengan teman saya untuk pergi ke rumah adat melayu di kampus, saya nunggu di bawah pohon dekat photo copy sebrang parkiran FKIP. Beberapa menit kemudian, teman saya datang dan kami langsung pergi ke rumah adat melayu tersebut. Pada awalnya yang mau pergi ke tempat tersebut ada tujuh orang, tapi karena hujan, yang pergi hanya lima orang. Hujan tidak membuat kami menyerah untuk mencari tugas tersebut. Hujan yang lumayan membuat basah, membuat kami kedinginan, sampai-sampai bibir pun susah untuk berbicara. Jangankan saya yang tidak memakai jas hujan, untuk teman yang memakai jas saja masih kedinginan. Beberapa menit kemudian, kami sampai ke tempat tujuan. Sampai di parkiran, setelah memarkirkan motor di parkiran Badan Pusat Statistik, kami berjalan bersama-sama untuk masuk ke dalam lingkungan rumah adat melayu. Sambil berjalan, saya mendengar teman saya berbicara
“saya baca dikoran, katanya malam ni ada DEBU datang” kata eno
“iya benar, saya juga ada dengar DEBU mau datang ke rumah adat melayu” kata esti
“haaaaaaa... DEBU?? Mane DEBU,, along dak lihat DEBU..” kata saya
Teman-teman hanya tertawa mendengar ucapan saya. Saya masih bingung dengan DEBU yang diomongkan teman-teman. Setelah kami masuk ke lingkungan rumah adat melayu, teman-teman tidak membahas masalah DEBU lagi. Kami berjalan lagi sambil melihat pameran tanaman hias, saya menemukan satu tanaman yang tidak pernah saya lihat sebelumnya. Tapi saya tidak tahu nama tumbuhan tersebut, tumbuhan itu berwarna orange kemerah-merahan. Kami mengelilingi pameran tersebut, tiba-tiba ada beberapa mobil berwarna hitam dan mobil polisi yang masuk ke dalam lingkungan rumah adat melayu, dan ketika mobil itu suda parker, ada beberapa orang yang membawa alat-alat musik dari dalam mobil. Teman-teman saya mulai membahas DEBU lagi,
“eh DEBU datang..... DEBU datang....” kata esti
“eh..eh.. kite lihat DEBU yooook” kata eno
“DEBU tu ape b???” kata saya
“dek-dek masa’ dak tau dengan DEBU??” tanggapan dari kak aya
“DEBU tu penyanyi b” kata eno
“ooooooooooh penyanyi, along kire DEBU yang waktu musim panas.” Kata saya
“he..he..he.. teman-teman tertawa lagi”
Akhirnya saya tau DEBU itu apa, pembicaraan kami pun berakhir di situ. Kami berjalan menuju pendopo yang sudah berjejer kursi untuk penonton duduk, kami menuju kursi paling kiri dan kami duduk di kursi yang bagian kedua. Setelah kami duduk manis dan ngobrol, ternyata ada seseorang yang sudah agak berumur memperhatikan kami berempat yang asyik ngobrol tentang DEBU dan tentang tugas yang bakalan ditulis. Tiba-tiba abang tersebut mengajak kami ngobrol dan kenalan dengan kami.
“dek dari mana?”
“kami dari bermacam-macam daerah bang, ada yang dari Bengkayang, Sintang, Mempawah dan Ketapang. Ade yang name eno, esti, aya dan sri. Ni abang siape y????”
“abang pradono, kalau ade ape-ape atau mau perlu ape hubungi abang jak, abang dari Singkawang. Dak ade yang dari Singkawang k?”
“sekarang sich dak ade bang, tapi nanti ade nyusul ke sini”
“kalian kuliah di STKIP k???”
“ndak bang,, kami kuliah di UNTAN”
“kalian ini utusan dari BKMI k???”
“ndak bang,, kami ke sini ade tugas Bahasa Indonesia bang,, kami kuliah di FKIP bang.”
“kalian pendidikan Bahasa Indonesia k???”
“kami semue pendidikan ekonomi bang”
“dak ade yang pendidikan Bahasa Indonesia k????”
“ndak ade bang”
“kenal dak dengan ajeng Bahasa Indonesia???”
“ndak bang”
“kalau dengan anisa kenal dak???”
“anak 2009 k bang???? kalau 2009 sich kenal bang”
“abang pun kurang tau angkatannye. Waktu ada lomba baca puisi di aula FKIP tu abang ada. Abang dulunya juga kuliah di FKIP Bahasa Indonesia.”
“haaaaaaaaaaaa,, iye k bang??? Angkatan tahun berape bang????”
“angkatan ’87 dan selesainye tahun ‘91”
“itu b kami belum lahir bang”
“abang punya blog, buka jak, isinye ade karya-karya abang dan abang juga ada mendirikan sanggar kiprah. Kalau ada perlu hubungi jak nomor HP ”
Sambil ngobrol, abang tersebut memberikan buku kecilnya supaya kami mengisi atau menuliskan nomor HP dan alamat email, dan abang juga minta buku salah satu dari kami, bang pradono menuliskan namanya, alamat rumah, alamat email, alamat blognya, serta no HPnya.
Setelah lama kami ngobrol dengan bang pradono, beberapa menit kemudian teman yang nyusul tadi ada SMS “long sekarang di mane? Saye sekarang dah masuk di rumah adat melayu” eh ketika saya mau balas SMSnya, saya berdiri dan pas waktu saya mau kirimkan SMS tadi, eh tiba-tiba teman tersebut dah ada di belakang saya. teman itu duduk di kursi yang kosong di depan kami. Sambil kami menuliskan alamat email dan nama kami di buku bang pradono, kami mengenalkan fithra ke bang pradono.
“eh bang ni teman kami dari Singkawang”
“eh Singkawang tok???”
“Singkawang pak”
“eh panggil abang jak biar lebih akrab, kan orang melayu dak ade yang tinggi ataupun yang rendah. Siape tok namenye???”
“Fithra pak, eh salah bang”
Perbincangan kami dengan bang pradono terhenti, karena ada yang menelponnya. Di pendopo, kami sempat foto-foto. Tidak lama kemudian, orang-orang mulai masuk menuju panggung. Saya heran, apakah DEBU sudah datang??? Ternyata beberapa menit kemudian DEBU nampil di panggung. Awalnya kami duduk di pendopo untuk menonton DEBU bernyanyi, tapi teman-teman mengajak masuk dan melihat DEBU secara langsung.
“eh..eh..eh.. masuk yok, kite lihat DEBU lebih dekat dan secara langsung”
“ayok lah”
“fithra yok masuk, kite lihat DEBU labih dekat b”
Pada awalnya, fithra tidak mau masuk, tapi setelah melihat saya dan teman-teman menuju panggung, akhirnya fithra juga ikut. Ternyata di depan kiri dan depan kanan panggung tu ade MABM setiap kabupaten, yang saya lihat hanya Kabupaten Sintang yang tidak ada, yaitu hanya 13 MABM yang ada di situ. Kami semua masuk dan mencari tempat yang enak untuk melihat DEBU. DEBU mulai naik dan MC mulai memperkenalkan personil dari DEBU. Pas melihat DEBU, saya terkejut
“haaaaaaaaaaaaaa lau band ini sich along dah sering lihat di TV”
“itulah die, band ini dah terkenal di mane-mane b”
“he..he..he.. tapi along dak tau name bandnye”
“ha tau b die, cume namenye jak yang dak tau, masa’ sich dak tau dengan band yang dah terkenal di mane-mane”
Ternyata yang sering saya lihat itu, nama bandnya adalah DEBU. Saya tidak menyangka kalau saya bisa melihat langsung band DEBU tersebut. Saya sangat senang, saya masih tidak percaya kalau saya bisa lihat DEBU langsung, band international gitu lho. Malam itu seperti mimpi saja. Dengan keadaan yang basah kuyup, dingin, dan hujan rintik-rintik, kami menonton DEBU bernyanyi. Setelah dua lagu yang dinyanyikan DEBU, fithra mengajak kami pulang.
“yok balik yok, dah malam ni”
“belum b, satuuuuuu lagu lagi lah”
“tapi ni dah jam berape???”
“satu lagu lagi lah yyyyyyy, janji lah kalau dah selesai satu ni, kite langsung balik”
“iye lah”
Kami menunggu lagu yang ketiga, setelah itu kami langsung pulang ke rumah masing-masing. dalam perjalanan, saya masih tidak percaya dengan apa yang saya lihat tadi. Saya benar-benar tidak menyangka bisa melihat DEBU secara langsung.
Hanya sampai di sini lah yang bisa saya laporkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar